1.
INQUIRING MINDS WANT TO KNOW
Þ
Guru membuat
pertanyaan terkait dengan apa akan disampaikan
kepada siswa/siswi
Þ
Siswa/siswi memberikan
jawaban secara individu atau kelompok
Þ
Guru menampung
jawaban sebagai jembatan materi yang akan disampaikan
2. ACTIVE KNOWLEDGE SHARING
Þ
Guru membuat pertanyaan terkait dengan apa akan disampaikan kepada mahasiswa
Þ
Siswa/siswimemberikan
jawaban secara individu
Þ
Siswa/siswimelakukan
sharing pendapat dengan siswa/siswilain
Þ
Guru memberikan klarifikasi dan penguatan terkait
dengan topik yang akan disampaikan
3. LEARNING STARTS WITH A QUESTION
Þ Memilih bacaan,
dibagi ke peserta
Þ
Meminta peserta mempelajari bacaan sendirian atau dengan
teman
Þ
Meminta peserta memberi tanda bagian bacaan yang tidak
dipahami
Þ
Peserta menulis pertanyaan tentang materi yang dibaca
Þ
Mengumpulkan pertanyaan yang telah ditulis peserta
Þ
Menyampaikan pembelajaran dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut
4. GROUP RESUME
Þ
Guru membagi peserta ke dalam beberapa kelompok
sesuai dengan topik-topik yang akan disampaikan
Þ
Guru membagikan materi pada masing-masing kelompok
sesuai dengan topik-topik yang akan disampaikan
Þ
Guru membagikan kertas plano dan spidol pada
masing-masing kelompok untuk menulis hasil diskusi
Þ
Masing-maisng
kelompok melakukan diskusi dan menulis hasil rangkumannya di atas kertas plano
dengan spidol dan menempelnya di atas dinding
Þ
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil rangkumannya di depan kelas
Þ
Guru memberikan klarifikasi
5.
INFORMATION
SEARCH
Þ
Buatlah
beberapa pertanyaan yang dapat dijawab dengan mencari informasi yang dapat
ditemukan dalam bahan-bahan sumber yang
bisa diakses siswa, seperti : hands out, dokumen, buku teks, informasi dari
internet, dll).
Þ
Bagikan
pertanyaan-pertanyaan tersebut kepada siswa
Þ
Minta siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan secara
individual atau kelompok
Þ Beri komentar atas
jawaban yang diberikan siswa . kembangkan jawaban untuk memperluas stop
pembahasan
6.
THE
POWER OF TWO
Þ
Guru membuat pertanyaan yang menuntut perenungan
dan pemikiran
Þ
Guru meminta siswa/siswimenjawab pertanyaan secara
individu
Þ
Guru meminta
siswa/siswiuntuk berpasangan dan saling bertukar jawaban dan membahasnya
Þ
Guru meminta
masing-masing pasangan membuat jawaban baru dari pertanyaan dan memperbaiki
jawaban individualnya.
Þ
Guru membadingkan
jawaban setiap pasangan di dalam kelas
7. READING ALOAD
Þ
Pilihlah
satu teks yang cukup menarik untuk dibaca dengan keras. Usahakan teks tersebut tidak terlalu panjang
Þ
Berikan copy-an teks kepada mahasiswa. Beri tanda
poin-poin atau isu-isu yang menarik untuk didiskusikan
Þ
Tunjuk salah satu siswa/siswiuntuk membaca dengan suara
keras. Ketika bacaan sedang berlangsung, hentikan pada beberapa tempat atau
tanda untuk menekankan arti penting poin-poin tertentu. Beri kesempatan kepada
siswa untuk berdiskusi jika mereka
menunjukkan ketertarikan pada poin tersebut
Þ
Akhiri proses dengan bertanya kepada siswa/siswiapa yang
ada dalam teks.
8. GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS
Þ
Buatlah
potongan kertas sebanyak dua kali jumlah mahasiswa. Usahakan dua potongan
kertas tersebut beda warna
Þ
Mintalah
setiap siswa/siswiuntuk menulis “saya masih belum paham tentang ………………………”
pada potongan kertas pertama.
Þ
Sedangkan
potongan kertas yang kedua mintalah siswa/siswi untuk menulis “saya dapat
menjelasakan tentang …………...”
Þ
Meminta
salah satu siswa/siswiuntuk untuk membacakan pertanyaan yang ditulis pada salah
satu potongan kertas yang ditulisi “saya masih belum paham tentang
………………………”
Þ
Carilah
salah satu siswa/siswiyang menulis “saya dapat menjelasakan tentang
…………...” untuk memyampaikan jawabannya
Þ
Lanjutkan
proses ini sampai selesai
Þ
Setelah
selesai, berikan klarifikasi dan penguatan sesuai dengan topic yang di bahas.
9.
JIGSAW
LEARNING
Þ
Memilih
materi menjadi beberapa segmen
Þ
Membagi
peserta dalam beberapa kelompok
Þ
Setiap
kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi yang berbeda
Þ
Setiap
kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan yang telah
dipelajari
Þ
Mengembalikan
suasana kelas seperti semula
Þ
Memberi
pertanyaan untuk mengecek pemahaman peserta terhadap materi
10. READING GUIDE
Þ
Tentuak
bacaan yang akan dipelajari
Þ
Buatlah
kisi-kisi pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa/siswimelalui bahan bacaan
yang telah dipilih
Þ
Bagikan bahan-bahan bacaan dengan kisi-kisi pertanyaan
Þ
Mintalah masing-masing siswa/siswimempelajari bahan
bacaan dengan menggunakan kisi-kisi pertanyaan yang dibagikan
Þ
Bahas kisi-kisi pertanyaan dengan menanyakan jawaban
kepada mahaiswa
11.
CARD
SORT
Þ
Membagi
potongan kertas yang berisi informasi dalam satu atau lebih kategori
Þ
Peserta berkeliling kelas untuk menemukan kategori yang
sama
Þ
Peserta mempresentasikan kategori yang sama di depan
kelas
Þ
Memberikan
poin-poin penting terkait dengan materi
12.
EVERYONE
IS A TEACHER HERE
Þ
Membagi
secarik kertas/kartu indeks ke peserta. Peserta diminta membuat satu pertanyaan
tentang materi.
Þ
Mengumpulkan
kertas, mengacaknya dan membagikan kepada setiap peserta
Þ
Meminta peserta secara sukarela membacakan pertanyaan dan
menjawabnya
Þ
Setelah jawaban diberikan, mintalah peserta lainnya untuk
menambahkan
Þ
Melanjutkan dengan sukarelawan berikutnya
13.
POINT-COUNTER-POINT
Þ
Pilihlah
issu-issu yang berperspektif
Þ
Buatlah
kelompok berdasar jumlah perspektif
Þ
Mintalah
kepada masing-masing kelompok berdiskusi dan menyiapkan argumentasinya
Þ
Mintalah
salah satu kelompok untuk menyampaikan argumentasinya di depan kelas
Þ
Tunjuklah
kelompok lain untuk memberikan tanggapan/bantahan
Þ
Sebagai
penutup kegiatan ini, akhiri tanggapan, bantahan anta kelompok dengan
memberikan rangkuman dan penguatan
14. ACTIVE DEBATE
Þ Pilih isu
kontoversial berkaitan dengan materi kuliah yang akan disampaikan
Þ
Bagi siswa/siswimenjadi dua kelompok, yaitu kelompok
"pro" dan kelompok "kontra".
Þ
Bagi kelompok "pro" dan "kontra"
menjadi sub-sub kelompok sesuai dengan isu-isu yang telah ditentukan
Þ
Mintalah masing-masing kelompok pro dan kontra untuk
menyiapkan argumentasinya atau pendapatnya tentang isu-isu kontraversial yang
berkaitan dengan materi kuliah
Þ
Posisikan kelompok pro dan kontra saling berhadapan
Þ
Mintalah masing-masing kelompok pro dan kontra untuk
memulai ”perdebatan”
Þ
Akhiri perdebatan dengan memberi penguatan atau
klarifikasi
15.
PEER LESSON
Þ
Guru membagi
siswa/siswike dalam beberapa kelompok sesuai dengan sub pokok bahasan yang akan
dibahas
Þ
Guru membagikan
hand out materi kepada masing-masing kelompok (materi masing-masing kelompok
berbeda)
Þ
Siswa/siswimelakukan diskusi kelompok sesuai dengan
materi yang telah ditentukan
Þ
Setiap kelompok menunjuk salah satu dari mereka untuk
presentasi atau mengajarkan topiknya di depan kelas
Þ
Memberikan waktu yang cukup pada masing-masing kelompok
untuk prsentasi di depan kelas.
Þ
Setelah selesai presentasi, guru memberikan klarifikasi atau kesimpulan
16. INDEX CARD MATCH
Þ
Buatlah
potongan-potongan kertas sejumlah
siswa/siswi
Þ
Bagi
potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama
Þ
Tulis
pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada setengah bagian
kertas yang telah disiapkan. Setiap kertas berisi satu pertanyaan
Þ
Pada
separuh kertas yang lain tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang tadi
dibuat
Þ
Kocoklah
semua kertas, sehingga akan tercampur
antara soal dan jawaban
Þ
Beri setaip siswa/siswisatu kertas. Jelaskan ini adalah
aktivitas yang dilakukan berpasangan,
separuh siswa akan mendapatkan soal dan separuh yang lain akan mendapatkan
jawaban
Þ
Mintalah siswa/siswimenemukan pasangan mereka. Jika sudah
ketemu pasangannnya, mintalah mereka untuk duduk berdekatan.
Þ
Setelah semua siswa/siswimenemukan pasangan dan duduk
berdekatan, mintalah setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan
jawaban dengan keras kepada teman-teman yang lain.
Þ
Akhiri proses ini dengan membuat klarifikasi dan
kesimpulan
17.
POSTER COMMENT
Þ
Bagijkan atau tempelkan gambar yang memiliki keterkaitan
dengan pokok bahasan di papan tulis
Þ
Mintalah siswa/siswiuntuk mengamati poster atau gambar
dan memikirkan pesan yang terkandung dalam poster secara bergantian
Þ
Mintalah siswa/siswimenyampaikan isi pesan yang ada dalam
poster secara bergantian
Þ Kaitkan komentar
siswa/siswidengan materi yang dibahas.
18. DEMONSTRATION
Þ
Jelaskan
secara singkat kompetensi yang akan dimiliki siswa/siswisetelah mengikuti
kegiatan perkuliahan
Þ
Siapkan
bahan atau alat yang diperlukan
Þ
Jelaskan
sekilas rinci skenario kegeiatan yang akan didemontrasikan
Þ
Tunjuk
beberapa siswa/siswiuntuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
secara bergantian .
Þ
Mintalah
siswa/siswilainnya memperhatikan demontrasi dan menganalisanya.
Þ
Mintalah
siswa/siswipengamat untuk mengemukakan hasil analisanya
Þ
Akhiri
kegiatan ini dengan memberi penguatan dan klarifikasi
19. ACTIVE OBSERVING AND FEEDBACK
Þ
Buatlah
skenario bermain peran bagi mahasiswa
Þ
Tulis
prosedur bermain peran di papan tulis secara jelas agar tidak menimbulkan
penafsiran ganda
Þ
Tunjuk
beberapa siswa/siswisebagai pemain peran
Þ
Tunjuk beberapa siswa yang lain sebagai pengamat.
Þ
Buat daftar checklist kegiatan yang diamati
Þ
Instruksikan kepada pengamat untuk memberi tanda contreng
pada lembar checklist
Þ
Mintalah pemaran dan pengamat melakukan kegiatan yang
telah ditentukan
Þ
Diskusikan hasil pengamatan
20. MIND MAPPING
Þ
Kemukakan
konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/siswi
Þ
Buatlah
beberapa kelompok siswa/siswiyang terdiri 2-3 orang
Þ
Mintalah
masing-masing kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil
diskusi
Þ
Mintalah
tiap kelompok membaca hasil diskusinya dan guru
mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
Þ
Dari
data-data di papan, siswa/siswidiminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang
disediakan guru
No comments:
Post a Comment