Friday, November 16, 2012

Nama-nama strategi active learning

1.       INQUIRING MINDS WANT TO KNOW
Þ     Guru  membuat pertanyaan terkait dengan apa akan  disampaikan kepada siswa/siswi
Þ     Siswa/siswi memberikan  jawaban secara individu atau kelompok
Þ     Guru  menampung jawaban sebagai jembatan materi yang akan disampaikan
2.      ACTIVE KNOWLEDGE SHARING
Þ     Guru  membuat pertanyaan terkait dengan apa akan  disampaikan kepada mahasiswa
Þ     Siswa/siswimemberikan jawaban secara individu
Þ     Siswa/siswimelakukan sharing pendapat dengan siswa/siswilain
Þ     Guru  memberikan klarifikasi dan penguatan terkait dengan topik yang akan disampaikan
3.      LEARNING STARTS WITH A QUESTION
Þ     Memilih bacaan, dibagi ke peserta
Þ     Meminta peserta mempelajari bacaan sendirian atau dengan teman
Þ     Meminta peserta memberi tanda bagian bacaan yang tidak dipahami
Þ     Peserta menulis pertanyaan tentang materi  yang dibaca
Þ     Mengumpulkan pertanyaan yang telah ditulis peserta
Þ     Menyampaikan pembelajaran dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut
4.     GROUP RESUME
Þ     Guru  membagi peserta ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan topik-topik yang akan disampaikan
Þ     Guru  membagikan materi pada masing-masing kelompok sesuai dengan topik-topik yang akan disampaikan
Þ     Guru  membagikan kertas plano dan spidol pada masing-masing kelompok untuk menulis hasil diskusi
Þ     Masing-maisng kelompok melakukan diskusi dan menulis hasil rangkumannya di atas kertas plano dengan spidol dan menempelnya di atas dinding
Þ     Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil rangkumannya di depan kelas
Þ     Guru  memberikan klarifikasi

5.      INFORMATION SEARCH
Þ     Buatlah beberapa pertanyaan yang dapat dijawab dengan mencari informasi yang dapat ditemukan  dalam bahan-bahan sumber yang bisa diakses siswa, seperti : hands out, dokumen, buku teks, informasi dari internet, dll).
Þ     Bagikan pertanyaan-pertanyaan tersebut kepada siswa
Þ     Minta siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan secara individual atau kelompok
Þ     Beri komentar atas jawaban yang diberikan siswa . kembangkan jawaban untuk memperluas stop pembahasan


6.     THE POWER OF TWO
Þ     Guru  membuat pertanyaan yang menuntut perenungan dan pemikiran
Þ     Guru  meminta siswa/siswimenjawab pertanyaan secara individu
Þ     Guru  meminta siswa/siswiuntuk berpasangan dan saling bertukar jawaban dan membahasnya
Þ     Guru  meminta masing-masing pasangan membuat jawaban baru dari pertanyaan dan memperbaiki jawaban individualnya.
Þ     Guru  membadingkan jawaban setiap pasangan di dalam kelas
7.      READING ALOAD
Þ     Pilihlah satu teks yang cukup menarik untuk dibaca dengan keras. Usahakan teks tersebut tidak terlalu panjang
Þ     Berikan copy-an teks kepada mahasiswa. Beri tanda poin-poin atau isu-isu yang menarik untuk didiskusikan
Þ     Tunjuk salah satu siswa/siswiuntuk membaca dengan suara keras. Ketika bacaan sedang berlangsung, hentikan pada beberapa tempat atau tanda untuk menekankan arti penting poin-poin tertentu. Beri kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi  jika mereka menunjukkan ketertarikan pada poin tersebut
Þ     Akhiri proses dengan bertanya kepada siswa/siswiapa yang ada dalam teks.
8.      GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS
Þ     Buatlah potongan kertas sebanyak dua kali jumlah mahasiswa. Usahakan dua potongan kertas tersebut beda warna
Þ     Mintalah setiap siswa/siswiuntuk menulis “saya masih belum paham tentang ………………………” pada potongan kertas pertama.
Þ     Sedangkan potongan kertas yang kedua mintalah siswa/siswi untuk menulis “saya dapat menjelasakan tentang …………...”
Þ     Meminta salah satu siswa/siswiuntuk untuk membacakan pertanyaan yang ditulis pada salah satu potongan kertas yang ditulisi “saya masih belum paham tentang ………………………”
Þ     Carilah salah satu siswa/siswiyang menulis “saya dapat menjelasakan tentang …………...”  untuk memyampaikan jawabannya
Þ     Lanjutkan proses ini sampai selesai
Þ     Setelah selesai, berikan klarifikasi dan penguatan sesuai dengan topic yang di bahas.
9.         JIGSAW LEARNING
Þ     Memilih materi menjadi beberapa segmen
Þ     Membagi peserta dalam beberapa kelompok
Þ     Setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi yang berbeda
Þ     Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan yang telah dipelajari
Þ     Mengembalikan suasana kelas seperti semula
Þ     Memberi pertanyaan untuk mengecek pemahaman peserta terhadap materi


10.  READING GUIDE
Þ     Tentuak bacaan yang akan dipelajari
Þ     Buatlah kisi-kisi pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa/siswimelalui bahan bacaan yang telah dipilih
Þ     Bagikan bahan-bahan bacaan dengan kisi-kisi pertanyaan
Þ     Mintalah masing-masing siswa/siswimempelajari bahan bacaan dengan menggunakan kisi-kisi pertanyaan yang dibagikan 
Þ     Bahas kisi-kisi pertanyaan dengan menanyakan jawaban kepada mahaiswa
11.    CARD SORT
Þ     Membagi potongan kertas yang berisi informasi dalam satu atau lebih kategori
Þ     Peserta berkeliling kelas untuk menemukan kategori yang sama
Þ     Peserta mempresentasikan kategori yang sama di depan kelas
Þ     Memberikan poin-poin penting terkait dengan materi
12.   EVERYONE IS A TEACHER HERE
Þ     Membagi secarik kertas/kartu indeks ke peserta. Peserta diminta membuat satu pertanyaan tentang materi.
Þ     Mengumpulkan kertas, mengacaknya dan membagikan kepada setiap peserta
Þ     Meminta peserta secara sukarela membacakan pertanyaan dan menjawabnya
Þ     Setelah jawaban diberikan, mintalah peserta lainnya untuk menambahkan
Þ     Melanjutkan  dengan sukarelawan berikutnya
13.   POINT-COUNTER-POINT
Þ     Pilihlah issu-issu yang berperspektif
Þ     Buatlah kelompok berdasar jumlah perspektif
Þ     Mintalah kepada masing-masing kelompok berdiskusi dan menyiapkan argumentasinya 
Þ     Mintalah salah satu kelompok untuk menyampaikan argumentasinya di depan kelas
Þ     Tunjuklah kelompok lain untuk memberikan tanggapan/bantahan
Þ     Sebagai penutup kegiatan ini, akhiri tanggapan, bantahan anta kelompok dengan memberikan rangkuman dan penguatan
14.  ACTIVE DEBATE
Þ     Pilih isu kontoversial berkaitan dengan materi kuliah yang akan disampaikan
Þ     Bagi siswa/siswimenjadi dua kelompok, yaitu  kelompok  "pro" dan kelompok "kontra".
Þ     Bagi kelompok "pro" dan "kontra" menjadi sub-sub kelompok sesuai dengan isu-isu yang telah ditentukan
Þ     Mintalah masing-masing kelompok pro dan kontra untuk menyiapkan argumentasinya atau pendapatnya tentang isu-isu kontraversial yang berkaitan dengan materi kuliah
Þ     Posisikan kelompok pro dan kontra saling berhadapan
Þ     Mintalah masing-masing kelompok pro dan kontra untuk memulai  ”perdebatan”
Þ     Akhiri perdebatan dengan memberi penguatan atau klarifikasi
15.   PEER LESSON
Þ     Guru  membagi siswa/siswike dalam beberapa kelompok sesuai dengan sub pokok bahasan yang akan dibahas
Þ     Guru  membagikan hand out materi kepada masing-masing kelompok (materi masing-masing kelompok berbeda)
Þ     Siswa/siswimelakukan diskusi kelompok sesuai dengan materi yang telah ditentukan
Þ     Setiap kelompok menunjuk salah satu dari mereka untuk presentasi atau mengajarkan topiknya di depan kelas
Þ     Memberikan waktu yang cukup pada masing-masing kelompok untuk prsentasi di depan kelas.
Þ     Setelah selesai presentasi, guru  memberikan klarifikasi atau kesimpulan
16.  INDEX CARD MATCH
Þ     Buatlah potongan-potongan kertas sejumlah  siswa/siswi
Þ     Bagi potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama
Þ     Tulis pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada setengah bagian kertas yang telah disiapkan. Setiap kertas berisi satu pertanyaan
Þ     Pada separuh kertas yang lain tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang tadi dibuat
Þ     Kocoklah semua kertas, sehingga akan tercampur  antara soal dan jawaban
Þ     Beri setaip siswa/siswisatu kertas. Jelaskan ini adalah aktivitas  yang dilakukan berpasangan, separuh siswa akan mendapatkan soal dan separuh yang lain akan mendapatkan jawaban
Þ     Mintalah siswa/siswimenemukan pasangan mereka. Jika sudah ketemu pasangannnya, mintalah mereka untuk duduk berdekatan.
Þ     Setelah semua siswa/siswimenemukan pasangan dan duduk berdekatan, mintalah setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan jawaban dengan keras kepada teman-teman yang lain.
Þ     Akhiri proses ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan
17.   POSTER COMMENT
Þ     Bagijkan atau tempelkan gambar yang memiliki keterkaitan dengan pokok bahasan di papan tulis
Þ     Mintalah siswa/siswiuntuk mengamati poster atau gambar dan memikirkan pesan yang terkandung dalam poster secara bergantian
Þ     Mintalah siswa/siswimenyampaikan isi pesan yang ada dalam poster secara bergantian
Þ     Kaitkan komentar siswa/siswidengan materi yang dibahas.


18.     DEMONSTRATION
Þ     Jelaskan secara singkat kompetensi yang akan dimiliki siswa/siswisetelah mengikuti kegiatan perkuliahan
Þ     Siapkan bahan atau alat yang diperlukan
Þ     Jelaskan sekilas rinci skenario kegeiatan yang akan didemontrasikan
Þ     Tunjuk beberapa siswa/siswiuntuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan secara bergantian .
Þ     Mintalah siswa/siswilainnya memperhatikan demontrasi dan menganalisanya.
Þ     Mintalah siswa/siswipengamat untuk mengemukakan hasil analisanya
Þ     Akhiri kegiatan ini dengan memberi penguatan dan klarifikasi
19.  ACTIVE OBSERVING AND FEEDBACK
Þ     Buatlah skenario bermain peran bagi mahasiswa
Þ     Tulis prosedur bermain peran di papan tulis secara jelas agar tidak menimbulkan penafsiran ganda
Þ     Tunjuk beberapa siswa/siswisebagai pemain peran
Þ     Tunjuk beberapa siswa yang lain sebagai pengamat.
Þ     Buat daftar checklist kegiatan yang diamati
Þ     Instruksikan kepada pengamat untuk memberi tanda contreng pada lembar checklist
Þ     Mintalah pemaran dan pengamat melakukan kegiatan yang telah ditentukan
Þ     Diskusikan hasil pengamatan
20. MIND MAPPING
Þ     Kemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/siswi
Þ     Buatlah beberapa kelompok siswa/siswiyang terdiri 2-3 orang
Þ     Mintalah masing-masing kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
Þ     Mintalah tiap kelompok membaca hasil diskusinya dan guru  mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
Þ     Dari data-data di papan, siswa/siswidiminta membuat kesimpulan atau guru  memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru

No comments:

Post a Comment